Minggu, 04 Agustus 2013

Buku Al-Quran dan Maknanya

Al-Qur’an dan Maknanya adalah sebuah karya yang dimaksudkan untuk membantu pembaca Indonesia, khususnya umat Islam, dalam memahami makna ayat-ayat al-Qur’an. Karya ini tidak dijuduli “al-Qur’an dan Terjemahannya” karena penulis karya ini, M. Quraish Shihab, sangat menyadari bahwa al-Qur’an adalah sebuah kitab suci yang tidak mungkin dapat diterjemahkan ke dalam bahasa lain.
Yang dapat dilakukan para mufasir hanya sebatas mengungkap maknanya, bukan menerjemahkannya!

Keunggulan dan Kelebihan Karya ini:

1. Lebih mudah dipahami kandungan al-Qur’an, karena pada sebagian besar ayat-ayat disisipkan penjelasan-penjelasan tambahan dalam kurung yang bersumber dari Tafsir Al-Mishbah. Tambahan terjemahan atau penjelasan yang tidak ada pada teks aslinya diberi tanda dalam kurung.


2. Semua teks Arab yang ada dimaksimalkan untuk diterjemahkan karena setiap teks ada maksudnya.

3. Semua kata-kata penguat diterjemahkan sesuai dengan teks dan konteks, supaya pesan-pesan penting yang disampaikan mendapat perhatian sebagaimana mestinya. Di samping itu, Ayat-ayat yang sama dan mirip (teks dan konteksnya) diterjemahkan secara selaras, supaya pesan-pesan yang di ulang-ulang mendapat perhatian dan diingat.

4. Bahasanya lebih menjelaskan, misalnya, untuk sosok yang dimaksud saat redaksi al-Qur’an menggunakan kata ganti orang pertama tunggal dan jamak (aku, kami), orang kedua tunggal, dual, dan jamak (kamu, kamu berdua, kalian, kamu sekalian), dan orang ketiga tunggal dan jamak (dia lk/pr, mereka). Dalam karya ini, oleh penulis, ditunjukkan siapa sosok yang dimaksud.

5. Dilengkapi dengan asbab al-nuzul (sebab-sebab yang melatari turunnya satu ayat). Yang dimasukkan ke dalam karya ini hanya asbab al-nuzul yang didukung oleh hadits shahih.

6. Dilengkapi catatan kaki yang berisi penjelasan istilah-istilah tertentu, terutama yang terkait dengan konsep ajaran Islam, atau bukti-bukti ilmiah yang terkait dengan statement al-Qur’an yang berhubungan dengan fenomena alam.

7. Berisi sejumlah koreksi penulis terhadap kekurangtepatan pemaknaan istilah-istilah tertentu yang digunakan al-Qur’an dalam karya sejenis.

8. Dilengkapi CD murattal Alquran, sehingga pembaca bisa tahu bagaimana cara membaca ayat-ayat al-Qur’an dengan benar.

Tebal/ Ukuran: 16x24 cm
Harga: Rp 149.000

Dapatkan di toko buku terdekat. Untuk pemesanan online, silakan klik link berikut: http://bit.ly/10VJ2UM atau e-mail ke sales@tokobaca.com. Info lengkap: 021 742 1913.
..........TERKAIT..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar